• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Bupati Dompu Menutup Pagelaran Dompu Expo Tahun 2024

    Satonda
    Senin, 01 Juli 2024, Juli 01, 2024 WIB Last Updated 2024-07-01T02:44:11Z


    Satondapost.com, Dompu - Pagelaran Dompu Expo yang berlangsung 7 hari, 24-30 Juni 2024 yang bertempat di lapangan Kelurahan Karijawa Kecamatan Dompu ditutup secara resmi oleh Bupati Dompu H. Kader Jaelani.


    Penutupan dihadiri oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST.MT, Ketua DPRD H. Andi Bachtiar, Amd.Par. Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Viradjati, Kapolres Dompu AKPB Zulkarnain. (30/06/24).

    Hadir pula perwakilan Kajari Dompu, Sekda Dompu Gatot Gunawan Putra, utusan khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Titik Wahyuni, Pimpinan Perangkat Daerah, Pejabat Struktural dan Fungsional, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, pelaku UMKM dan insan pers baik cetak maupun elektronik.


    Bupati Dompu H. Kader Jaelani dalam sambutannya mengatakan atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Dompu, saya menyampaikan apresiasi, rasa bangga dan bahagia atas digelarnya event ini.

    Mulai dari pembukaan sampai penutupan, tampak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Dompu dari berbagai kalangan, berbagai latar belakang profesi, datang menghadiri dan memeriahkan.

    Bupati melanjutkan, Alhamdulillah saya pribadi merasa puas atas capaian beberapa OPD selama tiga tahun terakhir lewat talk show memaparkan pencapaian selama kepemimpinan kami.

    Seperti dari Dinas Perkim sudah banyak kawasan kumuh di Kabupaten Dompu yang ditata, Dinas Koperasi munculnya ribuan wirausahawan baru, Dinas Perindustrian dan Perdagangan diresmikan rumah produksi Woko Kretek Kecamatan Pajo, Disnakeswan bertambahnya populasi hewan ternak terutama sapi tiap tahun dan Dinas Perikanan sudah banyak hasil tangkapan ikan  oleh nelayan  di perairan wilayah Kabupaten Dompu yang di ekspor keluar Negeri .

    “Lewat paparan yang disampaikan pimpinan OPD, sudah banyak visi misi Pemda Kabupaten Dompu yang dicapai yang dituangkan dalam RPJDM tahun 2021-2026”ungkapnya

    Menutup sambutannya Kader Jaelani melihat antusiasme yang sangat tinggi atas pegelaran Dompu expo, saya berharap nantinya eventi ini bisa akan terus diadakan setiap tahunnya.

    “Karena selain ajang promosi UMKM, Dompu Expo diselenggarakan sebagai upaya dalam mensosialisasikan kinerja Pemerintah Daerah beberapa tahun terakhir” ujarnya.

    Sebelumnya utusan khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Titik Wahyuni dalam paparannya mengatakan mengapreaiasi  kegiatan Dompu Expo.

    Kegiatan seperti ini tentunya menghibur masyarakat, selain sebagai mempromosikan daerah juga mendukung pertumbuhan ekonomi dari hulu sampai hilir.

    Titik Wahyuni menerangkan Kemenprakeraf ada bagian tersendiri membidangi Katulistiwa Event Nusantara (KEN). Saat ini  di Indonesia ada sudah ada 100 event yang kami tangani. Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan event KEN, Pemda/Pemkot harus menyelenggarakannya minimal 5 tahun berturut-turut.

    “Melihat ekspetasi masyarakat yang sangat tinggi akan event Dompu Expo, saya yakin dan Percaya Pemkab Dompu bisa menyelenggarakanya secara berkelanjutan” ungkapnya

    Sementara itu kesempata yang sama Sekda Dompu Gatot Gunawan PP selaku Ketua panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan selama Dompu Expo berlangsung berbagai kegiatan yang dilaksanakan.

    Kegiatan dimaksud seperti festival kopi tambora yang menyajikan 1000 kap kopi tambora dirangkaikan dengan agenda lomba coro kahawa tambora, festival kuliner Jarapasaka yaitu kuliner yang berasal dari olahan ikan sebanyak 3000 porsi dan beef steak (sapi lamtoro) sebanyak 600 porsi, dan festival Timbu yang menyajikan 2000 porsi timbu dan dahi

    “Semua yang disajikan gratis seluruhnya kami sajikan gratis”katanya.

    Gatot Gunawan menambahkan  total jumlah transaksi keuangan selama pagelaran yang berlangsung selama 7 hari diangka anggka 1,2 milyar rupiah. Pada pembukaan event parade karnaval Muna Pa’a dikuti masyarakat di delapan Kecamatan Se-Kabupaten Dompu menghadirkan kurang lebih 12.000 peserta.

    Selama pelaksanaan sampai dengan penutupan hari ini tercatat lebih dari 25 ribu lebih pengunjung dan kurang lebih  sebanyak 80 UMKM dan IKM ikut ambil bagian dalam perhelatan ini

    Pemerintah Kabupaten Dompu juga  lewat perangkat daerah terkait juga membuka berbagai layanan umum bagi pengunjung yang dapat diakses oleh masyarakat diluar jam kantor.

    layanan-layanan yang diberikan diantaranya, layanan cek kesehatan, pengurusan perijinan, layanan kependudukan, layanan konsultasi dan lainnya.

    “Setidaknya sebanyak 3000 orang memanfaatkan Dompu Expo dalam mengakses layanan-layanan tersebut” ungkap Sekda. ( BF84 )

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini