• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Wabup Minta Bapanas Perhatikan Nasib Petani Jagung Kabupaten Dompu

    Satonda
    Rabu, 08 Mei 2024, Mei 08, 2024 WIB Last Updated 2024-05-08T04:20:08Z
    Dompu, Satondapost.com - Perhatian agar para petani khususnya para petani jagung di Kabupaten Dompu dapat meningkat kesejahteraannya terus disuarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

    Diberbagai momen pertemuan dengan para pejabat baik di tingkat Provinsi Maupun Nasional selalu dimanfaatkan Bupati H. Kader Jaelani maupun Wakil Bupati H. Syahrul Parsan memperjuangkan nasib para petani jagung. 

    Perjuangan memperbaiki nasip para petani jagung agar sejahtera kadang dilakukan sendiri ataupun juga secara bersama-sama oleh kedua orang nomor satu dan dua di Kabupaten Dompu ini.

    Mereka berdua tidak pernah lelah memperjuangkan kesejahteraan para petani agar kehidupannya bisa lebih baik dari usaha jagung yang diusahakannya. 

    Berbagai momen atau ruang selalu dimanfaatkan kedua orang penting di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini dalam memperjuangkan perbaikan hidup bagi para petani. 

    Sudah selayaknya perjuangan Bupati dan Wakil Bupati Dompu memperjuangkan kesejahteraan para petani khususnya di Kabupaten Dompu diapresiasi. 

    Perjuangan agar para petani jagung bisa sejahtera sepertinya menjadi perioritas dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan dimasa kepemimpinannya mengemban amanat rakyat.

    Bagaimana perjuangan kedua pemimpin tersebut dalam memperjuangkan nasib petani agar bisa lebih baik kesejahteraannya?

    Pertemuan dengan Badan Ketahanan Pangan Nasional (Bapanas) Selasa (07/05/24) di Laberka Caffe, Kelurahan Bali I menjadi bukti perjuangan Pemda Kabupaten Dompu dalam meningkatkan kesejahteraan para petani jagung. 

    Dipertemuan yang dilaksanakan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan terlihat sangat gigih memperjuangkan nasib para petani jagung Dompu agar sejahtera kehidupannya.

    Mengawali penyampaiannya di acara yang berlangsung Wabup H. Syahrul Parsan menyebutkan menanam jagung bagi masyarakat Kabupaten Dompu sudah menjadi mata pencaharian pokoknya.

    Kata Wabup di momen ini kita bisa melihat bagaimana menanam jagung dijadikan sebagai mata pencaharian pokok masyarakat dengan melihat hamparan lahan pertanian jagung di daerah ini yang luas ditanami jagung.

    Disini jagung ditanam di bayak lahan, disepanjang kiri kanan hamparan terlihat tidak ada ruang yang kosong semuanya ditanami jagung. 

    Menanam jagung menjadi idola para petani di daerah ini dan mereka menggantungkan harapan kehidupannya dari jagung yang ditanamnya. 

    "Dengan menanam jagung para petani disini berkeinginan mengubah kehidupannya agar dapat lebih sejahtera dari para petani di daerah lainnya", kata  Wabup H. Syahrul Parsan memberikan keyakinan  Bapanas dan rombongan yang hadir dipertemuan yang berlangsung.

    Kami ingin dengan kehadiran Bapanan dengan rombongan di Kabupaten Dompu dapat memberikan berkah bagi peningkatan kesejahteraan para petani jagung.

    "Perbaikan kesejahteraan para petani jagung tentunya dapat diupayakan Bapanas melalui kebijakan penentuan harga yang menguntungkan bagi para petani itu sendiri", tuturnya.

    Ditambahkannya secara khusus saya menyampaikan salam hormat Bupati Dompu, H. Kader Jaelani yang dalam acara ini tidak bisa secara langsung membersamai di tempat ini disebabkan oleh beliau sedang berada dalam suasana duka meninggalnya Bapak Mertua dan menugaskan saya hadir di acara ini guna membersamai Bapak/Ibu. 

    "Bapak Bupati Dompu menyampaikan salam hormat dan menitip pesan kepada kita semua agar di pertemuan ini kesejahteraan para petani jagung bisa lebih baik dengan kebijakan harga yang berpihak kepada para petani jagung khususnya", ucapnya mengutip pesan Bupati Dompu.

    Berikutnya di acara yang berlangsung Wabup H. Syahrul Parsan menyebut ketersediaan jagung di Kabupaten Dompu baik kuantitas maupun kualitas bisa terjamin keberadaannya.

    "Kami bisa memberikan jaminan bahwa ketersediaan jagung Dompu baik kuantitas maupun kualitas bisa dipastikan keberasaannya oleh karena itu para pengusaha tidak perlu takut berinvestasi dan Dompu sudah sangat dikenal sebagai daerah yang ramah investasi', sebutnya.

    Berikutnya Bapanas yang dipertemuan ini diwakili Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Maino Dwi Hartono, ST.P., MP, menyebut pemerintah terus mengkaji dalam kebijakan penentuan HPP jagung bagi para petani.

    Kata Maino Dwi Hartono dalam kesempatan ini pemerintah terus mengkaji berbagai hal terkait penentuan HPP jagung dengan menyerap semua aspirasi dari para petani di seluruh daerah di Indonesia.

    "Aspirasi dari berbagai pihak tidak hanya dari para petani namun pihak lainnya seperti para peternak baik peternak sapi, ayam pedaging, ayam petelur, industri olahan makanan juga didengar aspirasinya sehingga penentuan kebijakan HPP jagung bisa menguntungkan semua pihak", ujarnya.

    Lanjutnya menyampaikan Bapanas hadir dengan menggandeng berbagai pihak diantaranya perwakilan petani peternak, pengusaha, asosiasi, dan banyak lainnya, disini mereka akan didengar aspirasinya sehingga dari aspirasi yang disampaikan akan menjadi acuan dalam penentuan HPP jagung.

    "Dari aspirasi yang disampaikan masing-masing pihak tentu memiliki persoalan yang berbeda yang membuat sudut pandang mereka juga berbeda dalam penentuan harga jagung", terangnya.

    "Harapannya penentuan HPP jagung dalam keputusannya bisa memuaskan semua pihak setelah didengar aspirasi yang disampaikannya dan tentunya penentuan HPP jagung tidak bisa memuaskan semua pihak", tutupnya.

    Dalam pantauan pertemuan yang ikut dihadiri Sekda Dompu, Kadis Ketahanan Pangan, Plt. Kadis Pertambun, Pinca Bulog Bima, Perwakilan Asosiasi Pengusaha Jagung, Poktan Se Kabupaten Dompu dan elemen penting lainnya berlangsung aman, tertib dan lancar diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab. ( BF84 )
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini