• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Rekam KTP-EL Pemula, Dukcapil Goes to School Sambangi Sekolah Di 8 Kecamatan

    Satonda
    Selasa, 07 November 2023, November 07, 2023 WIB Last Updated 2023-11-07T04:21:48Z
    Dompu, Satondapost.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu melaksanakan kegiatan Dukcapil Goes to School atau kegiatan jemput bola pelayanan administrasi kependudukan berupa perekaman KTP-EL bagi pelajar yang telah memasuki usia Wajib KTP. Dukcapil Goes to School merupakan program inovasi yang dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Dompu untuk mendekatkan dan mempercepat pelayanan adminstrasi kependudukan ke sekolah-sekolah. 
    Progam ini menjadi salah satu bentuk keseriusan Dukcapil Dompu dalam menjangkau pelajar sebagai wajib KTP pemula. Dukcapil Goes to School ini dilakukan di beberapa persebaran sekolah-sekolah atau SMA sederajat di 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Dompu. (7/11/2023)

    Pelaksanaan pelayanan jemput bola ini dimulai sejak 17 Oktober 2023 lalu dimulai dari Kecamatan Dompu dan berakhir pada 6 November Kemarin di Kecamatan Pekat. 

    Adapun layanan kependudukan yang dilaksanakan berupa perekaman dan pencetakan KTP-el baru serta aktivasi KTP Digital atau Identitas Kependudukan Digital bagi pelajar dan guru yang memiliki gawai pintar. Dan pada program ini, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu, Bapak Drs. Abd. Najib beserta Kepala Bidang PIAK, Bapak Drs. Arif Rahman langsung memonitoring pelayanan.

    Drs. Arif Rahman menyampaikan, "Perekaman KTP-el tidak hanya dilakukan dengan menyasar pelajar yang berusia 17 tahun, amun sudah dimulai dari pelajar yang telah berusia 16 tahun. Namun, untuk penerbitan KTP-el akan dapat diterima saat pelajar yang bersangkutan telah berusia 17 tahun".

    Selaku Kepala Dinas Dukcapil Kab. Dompu, Drs. Abd. Najib menambahkan, "Usia wajib KTP yang belum melakukan perekaman biometrik banyak berada di sekolah, maka dari itu kami menyasar sekolah-sekolah di Kabupaten Dompu dan memfasilitasi mereka agar para pelajar dapat memiliki KTP-EL".

    Upaya Dinas Dukcapil Dompu dalam melakukan perekaman disambut gembira oleh para pelajar di Sekolah-Sekolah. Mengingat bahwa pelayanan ini menjadi salah satu proses pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yaitu memiliki Identitas Kependudukan. 

    Kegiatan ini juga bertujuan agar para pelajar yang telah berusia 17 tahun dapat tercatat sebagai pemilih pemula pada Pemilu 2024 mendatang dan dapat menggunakan haknya sebagai warga negara. (Hamdan)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini