• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Mewakili Bupati, Sekda Dompu Hadiri Do'a So Di Doro Cumpa

    Satonda
    Kamis, 02 November 2023, November 02, 2023 WIB Last Updated 2023-11-02T08:27:41Z
    Dompu, Satondapost.com - Berakhirnya musim panen ketiga Tahun 2023 dan persiapan musim pertama (Londo De’i) tahun 2024/2025, Bupati Dompu di wakili Sekda bersama dengan Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A)  Daerah irigasi laju menggelar do’a So bertempat jalan lintas Doro Cumpa.

    Mewakili Bupati Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu Gatot Gunawan PP,  SKM MMKes mengawali sambutannya mengatakan Doa So merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmat yang telah diberikan dan berharap musim tanam pada tahun depan turunnya hujan agar panen berberkah serta berlimpah. (02/11/23).

    Kemarau tahun ini akan semakin panjang, sebab diperkirakan puncak musim hujan di Kabupaten Dompu akan terjadi pada Januari-Maret 2024.

    Sekda menambahkan menghadapi hal ini, Pemerintah kabupaten Dompu akan mengoptimalkan lahan-lahan pertanian dengan menurunkan bantuan mesin pompa air, mengaliri lahan-lahan kering, selain itu sumur bor dibeberapa titik untuk membantu irigasi petani.

    Kemudian menghadapi musim penghujan yang sewaktu-waktu bisa datang, Dinas PUPR akan menurunkan alat berat mengeruk sidementasi irigasi dengan menggunakan excavator, agar petani lebih terbantu merawat saluran air.

    "Dengan normalisasi ini, diharapkan saluran irigasi lancar dan terbebas dari banjir ketika memasuki musim penghujan," ujarnya Sekda Dompu.
    Sementara itu kesempatan yang sama Sekretaris Distanbun Sahrul Ramadhan SP. kami sudah bergerak cepat, mengidentifikasi kantong-kantong air serta lahan-lahan mana saja yang perlu dibantu untuk menurunkan pompa.

    Agar pemakaian pompa air teratur kami sudah memberikan SK kepada kelompok tani yang berhak menerima bantuan.

    "Mesin pompa air sistimnya pinjam pakai, kami tekankan agar penggunaannya agar lebih efektif dan efisien usahakan dipegang oleh ketua GP3A," tegasnya.

    Acara diakhir acara seluruh undangan memanjatkan doa berharap tahun depan panen berlimpah. Ikut hadir diacara ini, Kadis Ketahanan Pangan, Kepala Kemenag, Camat Dompu, Unsur Muspika, Lurah Kandai Satu, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Petani, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda. (ADV)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini