• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Wabup Dompu Rakor Kesmas Desiminasi dan Publikasi Data Stuting Tahun 2023

    Satonda
    Rabu, 20 September 2023, September 20, 2023 WIB Last Updated 2023-09-20T13:11:27Z
    Dompu, Satondapost.com - Menghitung secara detail dan menyamakan persepsi presentase lintas sektor presentase angka stunting di Kabupaten Dompu, Dinas Kesehatan menyelenggarakan rakor program gizi bidang kesehatan masyarakat dalam rangka desiminasi dan publikasi data stunting hasil pengukuran Agustus Tahun 2023.

    Rakor Kesmas di selenggarakan di café La Berka dihadiri oleh Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, ST., MT, Sekda Dompu, Kadikes beserta jajarannya, Pimpinan OPD, Kepala Kemenag, Kepala Baznas,Direktur rumah sakit Dompu dan Manggelewa,TP.PKK, Darma Wanita, Kepala UPTD Puskesmas, Camat, Serta Kepala Desa/Kelurahan. (19/9/2023)
    Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST.MT sekaligus menjabat Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) menyampaikan, target Pemerintah Pusat sesuai RPJMN 2020-2024 prevalensi stunting sejumlah 14%.

    Sedangkan di Kabupaten Dompu, Alhamdulillah penurunan angka stunting sudah mencapai 10,89% hasil pengukuran bulan Agustus tahun 2023.

    Penurunan angka stunting terintegrasi dimulai bawah sampai keatas dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan  harus dikerjakan dengan baik dan dan benar.

    Mulai dari tingkat Desa, bila perlu Pemdes bisa mengganggarkan dana Desa untuk kebutuhan penurunan prevalensi stunting.

    Kades tidak perlu takut dalam penganggarannya sudah jelas regulasi yang diatur pusat dan Pemda Dompu sudah mengeluarkan Perbup.

    Mengakhiri sambutannya Syahrul Parsan menuturkan semua lintas sektor  harus bekerjasama dan sama-sama bekerja dengan penuh hati yang tulus dan ikhlas dalam penurunan angka stunting.

     “Jika hal tersebut bisa dikerjakan, saya yakin dan percaya angka stunting bisa di daerah kita bisa turunkan sampai dengan angka 0 %”, ujarnya H.Syahrul Parsan.
    Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dikes Kabupaten Dompu Anike Kusumawati,S.Sit.,M.Kes

    Sebelumnya Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dikes Kabupaten Dompu Anike Kusumawati,S.Sit.,M.Kes dalam laporannya mengatakan berdasarkan survey status gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 sejumlah 24,4% dan pada tahun 2021 turun menjadi 21,6%.

    Adapun tujuan diselenggarakan rakor mereviu evaluasi kinerja Pemerintah Daerah aksi ke 7 yakni pengukuran dan publikasi stunting.

    Dimulai dari tingkat Desa, Kecamatan secara berkala yang dilaporkan secara berjenjang mulai dari Posyandu ke Dinas Kesehatan, tuturnya Anike.(BF84)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini