• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Hari Veteran Nasional Tahun 2023, Bupati Dompu Momentum Mengenang Jasa Para Pahlawan

    Satonda
    Jumat, 11 Agustus 2023, Agustus 11, 2023 WIB Last Updated 2023-08-11T00:44:33Z
    Dompu, Satondapost.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, menggelar Acara Peringatan Hari Veteran Nasional (Harvetnas) Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Dompu.

    Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu yang hadir di acara ini Bupati Dompu, H. Kader Jaelani, Anggota Forkompimda, Asisten I Setda, Pimpinan OPD dan Kabag Prokopim dan Para Kabag Lingkup Setda Dompu. (10/08/23)

    Jajaran Legiun Veteran hadir Pengurus dan Anggota Legiun Veteran, Pengurus dan Anggota Persatuan Istri Legiun Veteran, Pengurus dan Anggota Dewan Penasehat Pemuda Panca Marga, Pengurus serta Anggota Pemuda Panca Marga.

    Berikutnya hadir juga Ketua Gabungan Organisasi Wanita, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, Insan Pers bahkan  elemen penting lainnya.
    Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat Hari Veteran Nasional Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Dompu kepada jajaran keluarga besar veteran Kabupaten Dompu.

    “Selamat Hari Veteran Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Dompu, semoga dengan peringatan yang berlangsung mengokohkan kita semua dalam mewariskan jiwa semangat dan nilai 45 dari para pejuang dan pembela bangsa”, Ucapnya.

    Menurut Bupati H. Kader Jaelani, peringatan hari veteran sebagaimana yang diagendakan, menjadi momentum bagi semua pihak untuk mengenang dan mengingat jasa para pahlawan dalam memperjuangkan dan membela kemerdekaan bangsa.

    “Para pahlawan bangsa telah melakukan banyak hal untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi kita semua selaku generasi muda untuk mengenang dan mengingat jasa-jasanya”, katanya.

    Hal penting yang harus dilakukan sebagai pelanjut cita-cita perjuangan para pahlawan yaitu dengan mengisi kemerdekaan yang sudah diwariskan.

    ‘Meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan bangsa menjadi tugas utama generasi muda dengan mengisi kemerdekaan yang menjadi warisan dari para pejuang, dengan hal yang membawa kemajuan bagi bangsa”, tegasnya.

    Diakhir Bupati Dompu, H. Kader Jaelani mengobarkan semangat perjuangan dengan memekikan kata merdeka sebanyak tiga kali diikuti dengan mengucapkan kalimat Negara Kesatuan Republik Indonesia Harga Mati.

    “Merdeka, Merdeka, Merdeka, Negara Kesatuan Republik Indonesia Harga Mati”, tutur Bupati mengobarkan semangat perjuangan.

    Sebelumnya, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia Kabupaten Dompu, Drs. H. A. Rasul Ismail memaparkan sejarah dilangsungkannya Peringatan Hari Veteran Nasional.

    Menurut H. A. Rasul Ismail Peringatan Hari Veteran Nasional dilaksanakan dilaksanakan setiap tanggal 10 Agustus setiap tahunnya. Peringatan dibuat untuk menghormati dan menghargai segala jerih payah perjuangan para veteran mulai dari veteran yang memperjuangkan kemerdekaan hingga veteran yang menjalankan perdamaian.

    Katanya berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor: 30 Tahun 2014, terungkap bahwa Hari Veteran Nasional diperingati untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949, tepatnya setelah pejuang RI melawan pasukan Belanda di Surakarta.

    Berikutnya H. A. Rasul Ismail mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas diagendakannya Acara Peringatan Hari Veteran Nasional Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Dompu oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

    “Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Dompu lebih khusus kepada Bupati dan Wakil Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan yang telah mengagendakan acara peringatan hari veteran nasional di Aula Pendopo Bupati”, terangnya.

    Lanjut H. A. Rasul Ismail memaparkan dengan diagendakannya kegiatan peringatan hari veteran nasional tahun 2023 Tingkat Kabupaten Dompu, kami selaku veteran merasa bangga dan mendapatkan kehormatan”, paparnya.

    Diakhir penyampaian H. A. Rasul Ismail mengusulkan kepada pemerintah daerah agar di Kecamatan Manggelewa dibangunkan tugu perjuangan.

    “Tugu perjuangan di Kecamatan Manggelewa diperlukan sebagai monumen yang mengingatkan generasi muda daerah bahwa dilokasi itu dimasa perjuangan tempo dulu pernah terjadi peristiwa heroik berupa rakyat melawan penjajahan belanda”, tuturnya. (BF84)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini