• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Direktur RSUD Dompu, Pembuangan Limbah Cair Ke Aliran Sungai Benar Melebihi Baku Mutu

    Satonda
    Rabu, 15 Maret 2023, Maret 15, 2023 WIB Last Updated 2023-03-15T05:51:58Z

    Direktur RSUD Dompu dr. Dias Indrako MPPM 

    Dompu, Satondapost.com - Berdasarkan Laporan Hasil Uji (LHU) Laboratorium Mataram nomor. BA-R2.01942/LHU/BLKPK/X/2022, Limbah Cair yang di buang oleh RSUD ke Daera Aliran Sungai (DAS) Lanju sebanyak 160.000 MPN/100ml melebihi kapasitas baku mutu.

    Saat dikonfirmasi diruang kerjanya Direktur RSUD Dompu dr. Dias Indrako MPPM menjelaskan sumber limbah cair dari RSUD Dompu dialirkan ke DAS Laju memang benar melebihi dari ketentuan peraturan Men LH nomor 68 Tahun 2016, maka dari itu saat ini kami ingin merenovasi dan membangun IPAL penampungan limbah cair.

    Dimana tahun - tahun sebelumnya memang limbah cair yang di buang ke aliran sungai sudah melebihi kapasitas baku mutu dari 3000 MPN/100ml kelebihannya mencapai 160.000 MPN/100ml.

    "Namun sebelum di buang ke sungai kami antisipasi dengan campurkan dengan kaporit dan yufi untuk membunuh bakteri coliform,"

    Terkait dengan sosialisasi pembuangan limbah cair RSUD ke masyarakat yang tinggal atau menggunakan air sungai DAS Lanju guna untuk mandi maupun mencuci. Direktur RSUD Dompu kami tidak pernah sosialisasikan karena memang tidak ada efeknya untuk dan tidak ada masyarakat yang merasa sakit diare akibat pembuangan limbah cair RSUD Dompu.

    "Tugas untuk melakukan sosialisasi ke Masyarakat yang tinggal sepanjang sebentar sungai DAS Lanju itu Dinas Kesehatan" Tuturnya Direktur RSUD Dompu

    Kenapa kami tidak memperbaiki IPAL di tahun-tahun sebelumnya karena kami tidak memiliki anggaran, dan di Tahun 2023 kami telah merencanakan pembangunan IPAL dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), jelasnya dr. Dias Indrako MPPM. (Bondan)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini