• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Wabup Hadir Di Acara Konsultasi Publik Ranwal RKPD, Kabupaten Dompu TA 2024

    Satonda
    Kamis, 09 Februari 2023, Februari 09, 2023 WIB Last Updated 2023-02-09T15:25:38Z
    Dompu, Satondapost.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda dan Litbang) melaksanakan Acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2024.

    Agenda dimaksud dilaksanakan Kamis (09/02/23) di Aula Bappeda dan Litbang sekitar pukul 08.00 Wita – Selesai di hadiri Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT, Kepala Bappeda dan Litbang, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP dan Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemda Dompu.
    Dalam sambutannya Wabup H. Syahrul Parsan, ST., MT menyebut Forum Konsultasi Publik RKPD merupakan agenda penting Tahunan seperti yang tertuang dalam Permendagri Nomor 86 tahun 2017 dengan tujuan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Dompu Tahun 2024.

    Disebutkannya sebagaimana yang diketahui bersama Penyusunan RKPD Kabupaten Dompu Tahun 2024 merupakan tahun ketiga dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintahan Kabupaten Dompu Tahun 2021-2026.

    “Hal dimaksud diupayakan dalam rangka mengupayakan pencapaian Visi Pemerintah Kabupaten Dompu yaitu “terwujudnya masyarakat Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius (Dompu Mashur”, ucapnya.

    Oleh karena itu, penyusunan RKPD tahun 2024 harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi Pemda dan masyarakat secara tepat dan strategis, sambungnya.

    Berikutnya Wabup juga menyampaikan penyusunan RKPD merupakan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, di mana proses penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah dilaksanakan secara bersama-sama antar seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan sehingga dapat diciptakan sinkronisasi dalam berbagai kegiatan perencanaan baik tingkat Nasional, Provinsi maupun Kabupaten.

    Katanya Rancangan Awal RKPD Kabupaten Dompu tahun 2024 berpedoman pada Peraturan Daerah Kabupaten Dompu Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Dompu Tahun 2021-2026.

    Berikutnya Wabup menyampaikan harapannya agar konsultasi publik yang dilaksanakan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tak terpisahkan terhadap tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD).

    “Hasil dari konsultasi publik RKPD Tahun 2024 diharapkan mampu mensinergikan berbagai program, kegiatan dan sub kegiatan dengan memprioritaskan kebutuhan masyarakat serta pendukung suksesnya pembangunan di Kabupaten Dompu”, terangnya.

    Diakhir penyampaiannya Bupati menyampaikan harapan agar pimpinan OPD serta seluruh jajarannya selama konsultasi publik berlangsung bersikap terbuka untuk mendiskusikan berbagai hal yang dibutuhkan daerah dan disusun berdasarkan ketentuan yang berlaku.

    “Dalam proses menyusun RKPD tahun 2024 ini, saya berharap semua pimpinan dan Aparatur di SKPD serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi ke depan, terintegratif dan inovatif”, tuturnya menyampaikan harapan.

    Lanjutnya menyampaikan RKPD harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur. dengan demikian diharapkan penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2024 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta menjawab isu-isu yang strategis yang ada.

    Disela waktu Kepala Bappeda dan Litbang, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP menyampaikan tahapan-tahapan perencanaan tahunan daerah.

    Kata Kaban Gaziamansyuri Perencanaan Tahunan Daerah saat ini sedang dalam tahapan penyusunan rancangan awal dengan memasang target indikator kinerja utama tahun 2024.

    Acara yang diagendakan berjalan aman, tertib dan lancar yang dilanjutkan dengan acara diskusi dan penyampaian usul, saran dan masukan dari masing-masing OPD dan diakhiri dengan penandatanganan persetujuan bersama indikator utama tahun 2024 oleh masing-masing pimpinan OPD. (Bondan)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini