• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Dukcapil Dompu Akan Keliling SMA/SMK Usia 16-17 Tahun Untuk Merekap e-KTP

    Satonda
    Rabu, 11 Januari 2023, Januari 11, 2023 WIB Last Updated 2023-01-11T12:45:26Z
    Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Dompu Drs. Abd. Najib

    Dompu, Satondapost.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dompu akan keliling SMA/SMK se Kabupaten Dompu untuk merekap e-KTP bagi pelajar yang berusia 16- 17 Tahun dan bagi warga untuk mendaftar program KTP digital.

    Saat dikonfirmasi diruang kerjanya Kadis Dukcapil Kabupaten Dompu, Drs. Abd Najib mengatakan, sesuai arahan dan program pusat kami dari Dukcapil Dompu akan keliling SMA/SMK untuk rekap data e-KTP bagi pelajar yang berusia 16-17 dan bagi warga dan ASN untuk mendaftar program "Aplikasi KTP Digital", untuk dapat menggunakan program baru yang bernama Aplikasi KTP Digital. (11/01/23)

    "Itu dilakukan agar pelajar yang usianya sudah genap 17 tahun, mereka sudah memiliki KTP sehingga kedepannya bisa menjadi sebagai pemilih tetap pada pesta demokrasi. Sementara bagi pelajar yang usianya baru 16 tahun, pihaknya hanya merekap saja tanpa menerbitkan KTP sehingga data siswa tersebut sudah tercatat dan tersimpan dalam aplikasi sembari menunggu usia 17 tahun sehingga bisa diterbitkan KTP nya,"

    "Bahkan pelajar yang menempuh pendidikan diluar Dompu, juga semuanya sudah terdata oleh aplikasi baru ini, sehingga nama mereka sudah tertera dalam data se indonesia kecuali bagi pelajar yang belum terekap saja." Jelasnya 

    Selain kegiatan perekapan KTP bagi pelajar SMA dan SMK sederajat se Kabupaten Dompu yang sudah berusia 16 hingga 17 tahun. Kami juga 
    mensosialisasikan aplikasi KTP Digital bagi ASN dan masyarakat umum.

    Karena semua dokumen penting yang dimiliki termasuk KTP, KK, Akte Kelahiran, Sertifikat Covid dan lainnya sudah ada semua dalam aplikasi KTP Digital ini. Jadi tidak perlu lagi kita capek-capek membawa KTP dan KK tapi cukup membuka aplikasi KTP Digital saja semuanya langsung ada.

    Dimana program baru yang dikeluarkan oleh Pusat ini yakni bertujuan untuk membantu dan mempermudah seluruh aparatur sipil negara maupun karyawan dalam hal penggunaan dokumen berupa KTP maupun KK dan sebagainya baik dalam maupun luar daerah sehingga dokumen penting tersebut ketika dipertanyakan oleh pihak terkait maka bisa langsung membuka aplikasi dimaksud dan menunjukan dokumen yang sudah ada dalam aplikasi tersebut. 

    "Ketika kita mengurus suatu keperluan tapi dokumen kita ketinggalan maka kita sudah pasti harus balik rumah untuk mengambilnya lagi. Tapi dengan menggunakan aplikasi ini maka semuanya jadi kok tanpa merepotkan kita sedikitpun. Itulah kenapa kami katakan sangat mempermudah dan membantu dan itu sudah berlaku di seluruh bandara juga,"jelas Abd Najib

    Lanjutnya Drs. Abd. Najib, maka disarankan kepada ASN dan karyawan serta seluruh masyarakat Kabupaten Dompu agar dapat menginstal aplikasi KTP Digital itu melalui handphone android nya dan masukan emailnya yang digunakan untuk membuka aplikasi tersebut, dan jika aplikasi itu sudah ada maka tinggal dibuka saja kemudian tunjukan kepada petugas saja dikala dokumen dibutuhkan.

    "Aplikasi ini sudah diluncurkan bahkan sudah dilaunching langsung oleh Gubernur NTB pada tahun 2022 lalu."ucap Abdul Najib. (Bondan)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini