• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Sholat Idul Adha 1443 H Di Lapangan Bringin Padopo Dompu Dipadati Oleh Masyarakat

    Satonda
    Minggu, 10 Juli 2022, Juli 10, 2022 WIB Last Updated 2022-07-10T15:16:38Z
    Jama'ah Sholat Idul Adha 1443 H/2022 M

    Dompu, Satondapost.com - Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 Hijriah Tahun 2022 M yang bertepatan dengan hari Minggu 10 Juli 2022 di laksanakan di lapangan Bringin Padopo Dompu yang dipadati oleh masyarakat Desa/Kelurahan di Wilayah Kecamatan Dompu dan sekitarnya serta masyarakat yang di sekitar lingkungan Pendopo Bupati.
    Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT

    Dalam sambutannya Wabup mengajak seluruh umat muslim untuk mengingat perjalanan kehidupannya Nabi Ibrahim AS dan Siti Hajar, dalam kurun waktu yang sangat lama menanti kehadiran Ismail AS sang buah hati tercinta. Dalam usianya yang beranjak remaja, Nabi Ibrahim AS mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putranya Ismail AS. (10/7/2022)

    “Tentu kita semua pasti sudah mengetahui akhir dari risalah ini, yaitu Nabi Ibrahim AS sebagai bentuk ketaatannya kepada perintah Sang Khalik, hendak melakukan perintah yang mulia yaitu menyembelih putra tercinta Ismail AS. Kemudian, atas keikhlasan, kesabaran dan kerelaan Nabi Ibrahim dan Putranya Ismail AS melaksanakan perintah tersebut, Allah swt menunjukan kemaha kekuasaannya dengan cara mengganti Ismail AS dengan hewan  ternak yang sehat dan gemuk”, tuturnya.

    Lanjutnya pelajaran hidup yang dapat dipetik dari kisah ini adalah adanya keikhlasan dan ketulusan dalam berbuat, untuk mengorbankan hawa nafsu, egoisme, ambisi akan harta untuk dibagikan kepada saudara, tetangga dan lebih-lebih kepada agama, bangsa, negara dan daerah yang kita cintai bersama. Keikhlasan untuk berkorban itu yang paling utama, agar semua tindakan dapat terbebaskan dari kepentingan pribadi dan kelompok.

    Ditambahkannya kita seharusnya bisa bersikap lebih dewasa dan lebih objektif ketika berada dalam pergaulan sosial di daerah ini. Ada banyak hasil pembangunan yang sudah bisa dinikmati oleh masyarakat, seperti perbaikan pendapatan masyarakat, infrastruktur jalan, irigasi, kesehatan, pendidikan dan pelayanan publik lainnya yang semakin berkualitas. 

    Proses ini harus terus kita lanjutkan, agar misi pemerintah dalam mewujudkan masyarakat Dompu yang Mashur (Mandiri, Sejahtera Unggul dan Religius) melalui program Jarapasaka (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) dapat tercapai.

    “Semangat memanfaatkan potensi alam juga harus dilaksanakan secara seimbang dan berkesinambungan guna memperkuat multy player efek terhadap sektor yang lain. inilah ikhtiar  bersama kita mensejahterakan masyarakat yang harus terus diberdayakan, agar semakin banyak orang yang memberi hewan semakin qurban, bukan yang meminta daging qurban”, ucapnya.

    Sambungnya lagi pemerintah daerah saat ini, memastikan proses pembangunan berjalan menuju kepada Sunnah Rasulullah SAW, yaitu “tangan di atas jauh lebih mulia dari pada tangan di bawah”. kita semua menginginkan kebahagiaan, karena bisa memberi.

    Berikutnya Wabup juga menyebut momentum Idul Adha atau Idul Qurban sebagai wujud kecintaan dan persaudaraan kita kepada sesama, kerelaan dalam berkurban adalah perwujudan sifat ikhlas kita dan juga mengukur sejauh mana tingkat kepedulian terhadap sesama.

    Kata Wabup daerah ini membutuhkan kita untuk berkorban baik pikiran, tenaga maupun materi, agar dapat bersinergi membangun kultur masyarakat yang mashur. seluruh komponen pemerintah dan masyarakat harus berkontribusi untuk mewujudkan pembangunan tersebut.

    “Oleh sebab itu, kepada Aparatur Sipil Negara di tingkat daerah sampai di tingkat Desa / Kelurahan, diharapkan untuk kerja bersama dan sama-sama bekerja secara gotong royong untuk memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan daerah serta memberikan contoh tauladan kepada warga untuk ikut berpartisipasi membangun Bumi Nggahi Rawi Pahu ke arah yang lebih baik” tuturnya.

    Lanjutnya menyampaikan dalam memajukan daerah kita juga harus bekerja dengan profesionalitas yang tinggi, menumbuhkan etos kerja yang prima, membangun produktivitas, serta mampu menjalin koordinasi dan sinergitas dengan masyarakat maupun dunia usaha sehingga potensi-potensi daerah dapat dikembangkan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang tentunya akan berdampak positif pada terlaksananya program-program yang telah dicanangkan pemerintah untuk kemajuan pembangunan masyarakat dan daerah yang kita cintai ini.

    Kemudian Wabup mengingatkan para ASN dalam mendukung pelayanan publik yang memadai dan diharapkan oleh masyarakat untuk mampu memahami pelayanan publik berbasis elektronik.

    “Era digitalisasi yang berkembang pesat saat ini, mengharuskan pemerintahan untuk memberikan pelayanan publik dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, sesuai dengan Amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, serta berkualitas dan terpercaya” tegasnya.

    Kemudian di momen ini juga Wabup mengajak seluruh komponen di daerah ini untuk selalu manfaatkan teknologi informasi ini secara arif dan bijak, apabila ada ketidak sepahaman dalam hal penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik, agar persoalan yang muncul dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat dengan mengedepankan nilai-nilai kekeluargaan, sehingga perbedaan yang mungkin terjadi dapat diselesaikan dengan baik dan terarah yang disemangati niat bersama untuk kebaikan dalam membangun dan memajukan daerah.

    “Selain mengajak seluruh komponen daerah untuk dapat memanfaatkan teknologi informatika yang berkembang pesat saat ini, saya juga mengajak kepada kita semua bila ada persoalan yang perlu didiskusikan bersama agar dapat diselesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat”, pintanya.

    Hal lainnya yang juga disampaikan Wabup adalah menyampaikan harapan dan pesan kepada seluruh masyarakat, untuk tetap meningkatkan ketertiban umum, mempererat tali persaudaraan, menjalin silaturrahim, meningkatkan solidaritas serta membangun kerjasama antar masyarakat dan meningkatkan tata kelola lingkungan yang baik.

    Kata Wabup apabila semua hal-hal baik dalam kultur masyarakat  mampu diterapkan secara maksimal dalam kehidupan sehari-hari, maka akan tercipta kondisi daerah yang aman, nyaman, tentram, damai, ramah, serta menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan asri. hal ini perlu diwujudkan untuk menjamin proses pembangunan agar dapat berjalan dengan baik.

    “Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat hendaknya ASN juga mampu memahami dan menterjemahkan nilai-nilai ASN “Berakhlak” yang berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif menuju pemerintahan yang baik dan bersih”, ingatnya.

    Sambungnya tumbuhkan budaya kerja birokrasi yang penuh inovasi untuk menghadapi digitalisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang menjadi dambaan dan harapan masyarakat dengan cara menciptakan kreativitas pembaharuan atau memodifikasi jenis pelayanan yang murah, cepat dan makin baik. hilangkan berbagai kendala yang dapat mengurangi produktivitas dan menghambat akselerasi laju pembangunan daerah.

    Di momen idhul adha ini juga Wabup menyampaikan apresiasi, ucapan terima kasih disertai penghargaan yang tulus dan ikhlas kepada semua pihak atas kebersamaan dan kerjasamanya dalam berbagai program dan kegiatan pembangunan dan berkontribusi dalam memajukan daerah.

    “Atas kerja sama dan kebersamaan yang telah terbangun dengan baik selama ini, antara Pemerintah Daerah, Pimpinan dan Anggota DPRD, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Anggota TNI / Polri, seluruh organisasi sosial masyarakat, keagamaan dan insan pers, khususnya seluruh masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu, saya menyampaikan apresiasi, ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus”, tuturnya.

    Diakhir sambutan Wabup H. Syahrul Parsan menyampaikan salam hormat Bupati Dompu, Kader Jaelani yang saat ini sedang melaksanakan ibadah haji bersama jamaah Kabupaten Dompu di Tanah Suci untuk mendoakan agar dimudahkan dalam pelaksanaan ibadahnya dapat berjalan lancar hingga kembali ke daerah dalam keadaan selamat dan sehat wal afiat.

    “Di momen ini juga saya menyampaikan pesan dari Bupati Dompu, Bapak Kader Jaelani untuk mendapatkan doa dari seluruh masyarakat Dompu sehingga pelaksanaan ibadah haji bersama seluruh jama’ah haji dapat berjalan lancar dan diberikan kesehatan yang prima sehingga bisa kembali ke daerah dalam keadaan selamat, sehat wal afiat dan meraih haji yang mabrur”, pintanya.

    Ditambahkannya dengan penuh keikhlasan dan ketulusan, atas nama pemerintah, pribadi dan keluarga saya mengucapkan selamat hari raya idul adha 10 djulhijjah 1443 hijriah tahun 2022 masehi, mohon maaf lahir dan bathin. Mari rayakan hari raya qurban ini, dengan terus memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan semoga amal ibadah kita diterima disisi-Nya.

    Pelaksanaan Ibadah Sholat Idhul Adha 1443 Hijriah di Lapangan Beringin Dompu berjalan aman, tertib dan lancar diikuti Wakil Bupati Dompu, Anggota DPRD, Anggota Forkompimda, Sekda Dompu, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Kabag Lingkup Setda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan elemen penting lainnya dan bertindak sebagai Imam Sholat, Wais Alqarni, S.Pd.I, Khotib, Ustadz Sakban Bin Ahmad, dan Petugas Pemandu Sholat, Muhammad Alimuddin, S.Ag. (Adv)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini