• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Pemda Dompu Gelar Rakor Persiapan Jelang Hari Raya Idul Ahda 1443 H

    Satonda
    Kamis, 07 Juli 2022, Juli 07, 2022 WIB Last Updated 2022-07-10T04:29:21Z
    Dompu, Satondapost.com - Jelang Hari Raya Idhul Adha 1443 H yang diperkirakan jatuh pada hari Minggu (10/07/22), Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu Menggelar Rapor Koordinasi (Rakor) Persiapan.
    Rakor dipimpin Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT, dan di dampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes, Perwakilan Kapolres Dompu, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD,
    Kabag Setda dan Perwakilan Kemenag, di Ruang Rapat Bupati Dompu, Rabu, (06/07/22).
    Dalam arahannya Wabup H. Sahrul Parsan, ST., MT meminta Sekda segera mengeluarkan surat edaran terkait pawai obor yang akan dilaksanakan pada saat malam takbiran dengan meminta kesediaan semua pihak mulai dari desa hingga kecamatan untuk berpartisipasi.

    “Di kesempatan ini saya meminta kepada Sekda untuk segera mengeluarkan Surat Edaran terkait pelaksanaan pawai obor dengan menghimbau semua pihak dari Desa/Kelurahan hingga Kecamatan agar mengambil bagian dalam pawai obor, dimaksud” ucapnya.

    Wabup juga meminta kepada Dinas Peternakan agar mengecek kondisi hewan qurban agar terhindar dari virus Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) yang sedang marak belakangan ini.

    "Saya menghimbau pihak Dinaskwan memasuki idhul qurban ini untuk mengecek semua hewan qurban agar terhindar dari penyakit (PMK) yang berdampak membahayakan bagi kesehatan masyarakat kemudian juga menghimbau masyarakat untuk melakukan pemotongan hewan qurban di rumah potong hewan yang direkomendasikan pemerintah", terangnya Wabup 

    Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir. Zaenal Arifin, M.Si, menyampaikan terkait adanya virus PMK yang sedang marak saat ini, pihaknya akan tetap memastikan kondisi hewan qurban layak untuk di kurban, kata Kadis Zainal Arifin. 

    "Kami selaku OPD teknis di bidang peternakan dan kesehatan hewan, terkait pelaksanaan hari raya qurban akan segera mengeluarkan Surat Edaran tentang tata cara pemotongan hewan kurban".

    "Untuk wilayah Pulau Sumbawa masih aman dari virus PMK namun pihaknya tetap melakukan langkah pengamanan dengan pengecekan disetiap hewan kurban untuk memastikan hewan tersebut layak untuk di kurban", tuturnya.

    Dalam 2 tahun terakhir antusiasme masyarakat untuk melakukan penyembelihan hewan di rumah potong hewan sangat tinggi dan harapannya tahun ini antusiasme masyarakat tersebut tetap tinggi.

    Selanjutnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Jufri, ST., M.Si menyampaikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan segera mengeluarkan Surat Edaran yang akan ditanda tangani oleh Bupati terkait persampahan pada saat perayaan idul kurban nanti.

    “Kami dari Dinas LH akan segera mengeluarkan surat edaran terkait persampahan setelah perayaan idul adha nanti,” ucapnya.

    Di berapa Dinas/Instansi, Desa/Kelurahan dan Kecamatan Lingkup Pemda Dompu, memasuki Hari Raya Idhul Adha 1443 H terlihat melakukan berbagai kegiatan gotong royong dengan menata dan membersihkan lingkungan masing-masing. Diakhiri dengan penentuan rute pelaksanaan malam takbir dan pawai obor. (Bondan)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini