• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Bupati dan Wakil Bupati Dompu Hadir Dalam Rapat Paripurna DPRD

    Satonda
    Senin, 13 Juni 2022, Juni 13, 2022 WIB Last Updated 2022-06-17T01:45:34Z


    Dompu, Satondapost.com - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Dompu dengan Agenda Penetapan RAPERDA Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2021 dan Penyampaian secara resmi Raperda usulan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Raperda inisiatif DPRD Kabupaten Dompu.

    Bupati Dompu Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan, ST,MT, Pimpinan dan Anggota DPRD, Anggota Forkompinda, Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Sekretaris Daerah, para staf ahli Bupati, para asisten Sekda, Pimpinan OPD se Kabupaten Dompu. Kegiatan rapat Paripurna bertempat di ruangan rapat utama DPRD. (13/6/2022)

    Mengawali rapat Paripurna DPRD ini pimpinan rapat setelah membuka rapat Paripurna memberikan kesempatan pertama kepada Anggota DPRD Ir. Irfan selaku juru bicara Banggar untuk menyampaikan hasil kerja BANGGAR atas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2021.

    Dalam hal ini, juru bicara Badan Anggaran DPRD menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas prestasi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu yang telah meraih predikat WTP dalam Pengelolaan Keuangan Daerah TA 2021.

    Prestasi yang sangat membanggakan bagi masyarakat Dompu. Disisi lain lr lrfan juga mengungatkanagar Pemerintah Daerah secara serius menangani hal-hal sangat penting terutama yang kaitannya dengan hajat hidup orang banyak seperti air bersih dan pengelolaan SPBU Manggelewa serta hal-hal lainnya yang masih sangat membutuhkan perhatian Pemerintah.

    Selanjutnya Banggar DPRD Kabupaten Dompu melalui juru bicaranya menyampaikan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp. 125,8 Milyar atau 142,2 persen dari target Rp. 88,4 Milyar. Untuk kedepannya kami meminta untuk kebih mengoptimalkan lagi potensi-potensi PAD yang ada di Kabupaten Dompu.

    Sistem penerimaan pajak dan restribusi agar mulai menggunakan sistem pembayaran Non Tunai atau dengan kata lain menggunakan sistem elektronik, sistem ini sedang kami pelajari dan akan kita implementasikan secara bertahap sesuai dengan arahan Presiden RI.

    Mengenai Dana lnsentif Daerah (DID), Pemerintah Pusat menetapkan 2 kriteria, yaitu Kriteria Utama dan Kinerja selain Opini dari BPK dan penetapan APBD tepat waktu. Progres selanjutnya adalah menaikkan e_Procurenment dari CC ke minimal B sebagai syarat untuk mendapatkan Dana lnsentif Daerah (DID).

    Atas Laporan dari Banggar DPRD Bupati Dompu menyampaikan ucapan Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak, utamanya kepada pimpinan dan anggota Dewan terhormat, atas upaya nyata dan kerja kerasnya telah membahas Raperda pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021.

    Hal ini menunjukkan adanya kesungguhan, kebersamaan, kerjasama dan sinergrisitas yang baik antara Pemda dengan DPRD khususnya Badan Anggaran Legislatif dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

    Mencermati suasana pembahasan Raperda pelaksanaan APBD Kabupaten Dompu tahun anggaran 2021 oleh Badan Anggaran dengan Pemda, telah tercipta keharmonisan dan keserasian yang didasari semangat kebersamaan dan kecermatan dalam mengamati berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pengawasan anggaran yang dilaksanakan Pemda.

    Pada kesempatan ini juga Bupati Dompu menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Dompu merencanakan program pembentukan Peraturan Daerah antara lain sebagai berikut :

    Raperda tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Raperda tentang pelayanan tera ulang, Raperda tentang Pengelolaan Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Raperda tentang perubahan atas peraturan Daerah nomor 2 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah, Raperda tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Raperda tentang zona nilai tanah, Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, perubahan Peraturan Daerah nomor 2 tahun 1995 tentang pendirian perusahaan Daerah Kapoda Rawi, Raperda tentang Perumda Pangan dan Raperda tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung.

    Bupati berharap semua elemen Daerah sesuai kapasitas masing-masing bisa ikut mendorong dalam menjaga, memelihara dan menciptakan suasana kamtibmas yang kondusif, sehingga keberlangsungan program dan kegiatan pembangunan Daerah terus dapat dilakukan dengan baik, tanpa ada gangguan dan hambatan.

    Diakhir sambutan Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada TNI, POLRI, Forkopimda serta seluruh elemen penting lainnya atas semua dukungan dan sinergritasnya dalam menjaga dan mengamankan bumi Nggahi Rawi Pahu sehingga tetap dalam keadaan aman, tertib dan kondusif, "tutupnya. (Adv)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini