• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Wabup Dompu Deklarasikan Lima Pilar STBM Di Kecamatan Hu'u

    Satonda
    Rabu, 11 Mei 2022, Mei 11, 2022 WIB Last Updated 2022-05-11T12:22:49Z
    Dompu, Satondapost.com - Mendeklarasikan Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kecamatan Hu'u, Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT, Rabu (11/05/22) mengajak semua pihak untuk berkontribusi dalam penyediaan sarana prasarana sanitasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.
    “Dalam kesempatan mendeklarasikan Lima Pilar STBM ini, saya mengajak berbagai pihak, Pemerintah Desa dan Kecamatan dan Lintas Sektor, dalam hal ini OPD terkait, PT. STM, Baznas dan agar lainnya bisa memberikan kontribusi membantu masyarakat dengan program pembangunan sarana sanitasi”, ucap Wabup H. Syahrul Parsan.

    Lanjutnya partisipasi dan dukungan yang diberikan akan ikut membantu program pemerintah yaitu melalui Gerakan Dompu (Berjasa), Jum'at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat, menuju Kabupaten Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius).

    “Adapun yang menjadi tujuan dilakukan deklarasi ini adalah untuk mewujudkan perilaku masyarakat higienis dan sanitasi secara mandiri dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat”, jelasnya.

    Selanjutnya dalam kesempatan ini juga Wabup menyampaikan dengan dideklarasikannya Lima Pilar STBM itu diharapkan pada tahun 2025, sanitasi total dapat tercapai untuk seluruh masyarakat Indonesia.

    Kata Wabup harapan yang dimaksud sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Indonesia. Program STBM merupakan program yang memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat seberapa pentingnya berprilaku hidup bersih dan sehat.

    Ditambahkannya adapun Lima Pila STBM itu adalah Stop Buang Air Besar Sembarang Tempat (STOP BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan di Rumah Tangga (PAMM-RT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PS-RT) dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PC-RT).

    “Program Keberhasilan STBM bukan saja merupakan kerja pemerintah semata, tetapi juga bagian dari partisipasi dan peran aktif masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama, tokoh pemuda yang saling bersinergi dalam membangun masyarakat untuk hidup bersih dan sehat”, terangnya

    Diakhir penyampaiannya Wabup H. Syahrul Parsan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh elemen baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga pelaksanaan lima pilar STBM dapat terlaksana secara sukses.

    “Saya menyampaikan apresiasi dan juga mengucapkan selamat seluruh elemen khususnya yang berhasil melaksanakan deklarasi 5 (Lima) Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), semoga status ini bisa di pertahankan dan tetap berkomitmen seperti apa yang di ikrarkan”, pintanya.
    Disela waktu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM., M.MKes, dalam laporannya di kegiatan tersebut menyebutkan jumlah Desa yang sudah menerapkan 5 Pilar STBM sebanyak 73 Desa/Kelurahan atau sebesar 87,66 persen, dan tersisa sebanyak 8 Desa/Kelurahan yang belum mendeklarasikan 5 Pilar STBM.
    Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Dompu juga dihadiri oleh Anggota DPRD, Sekda Dompu, Pejabat Struktural dan Fungsional Lingkup Pemda Dompu, Camat Se-Kabupaten Dompu, Muspika Kecamatan Hu'u, Kepala Desa Se Kecamatan Hu'u.
    Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua GOW , Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Wanita, Tokoh Pemuda dan elemen penting lainnya. (Bondan)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini