• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Komisi I DPRD Dompu Ikut Rapat Koordinasi Simulasi Pembelian Gabah

    Satonda
    Jumat, 22 April 2022, April 22, 2022 WIB Last Updated 2022-04-22T01:04:36Z


    Dompu, Satondapost.com - Komisi I DPRD yang ikut dalam rapat koordinasi di ruang Rapat Bupati pada Jum'at 8 April 2022 agar Tim Terpadu turun ke lapangan untuk simulasi pembelian gabah dengan alat ukur kadar air dan kadar hampa/kotoran disambut dan direspon dengan baik oleh Manajer Pengadaan Bulog NTB Pak Burhanuddin.

    Ir. Muttakun menjelaskan dengan simulasi pembelian gabah yg akan  dilaksanakan pada Senin 11 April 2022 di lokasi terpilih maka petani gabah bisa langsung mendapat edukasi tentang kualitas harga gabah yang sesuai HPP.


    Langkah ini tentu akan membuat kelabakan para broker yg selama ini diduga bermain dan berkontribusi atas anjloknya harga gabah.

    Sebagaimana penjelasan Manajer Pengadaan Bulog NTB di ruang Rapat Sekda bahwa Mitra Bulog dalam hal ini LA telah diminta untuk turun dengan truknya (minimal 2 truk) dalam simulasi pembelian gabah yang melibatkan unsur eksekutif, legislatif, Satgas Ketahanan Pangan, Bulog dan mitranya (kecuali PI).

    Simulasi pembelian gabah dilakukan dengan cara mendatangi petani di lapangan dan mitra Bulog sebelum membeli dan menentukan harga harus terlebih dahulu mengukur kadar air dan kadar hampa dengan alat yg dibawa oleh Bulog.

    Jika setelah diiukur oleh Bulog dan disaksikan oleh Tim Terpadu bahwa Gabah Kering Panen (GKP) petani diketahui misalnya :
    - Kadar Air 24 % (Dlm Permendag max 25%)
    - Kadar Hampa/Kotoran 8 % ( max 10%).

    Maka sesuai penjelasan Manajer Pengadaan Bulog NTB Pak Burhanuddin, Gabah Kering Panen (GKP) petani tersebut mendapat harga Rp. 4.200. Dengan demikian gabah tersebut diminta kepada mitra Bulog dalam hal ini LA yg sdh mendapatkan kontrak dari Bulog untuk membeli gabah petani dan langsung angkut dengan truk yg sdh diperintahkan untuk dibawa saat turun simulasi pada hari Senin 11 April 2022.

    Adapun alat ukur kadar air dan kadar hampa/kotoran yang akan disediakan dan dipakai oleh Bulog dalam simulasi pembelian gabah pada Senin lusa besok adalah:
    1. MKA untuk ukur kadar air
    2. Alkohol/Ayakan utk uji butir hampa
    3. Timbangan analisa &
    4. PPK utk menganalisa kualitas.

    Untuk diketahui bersama bahwa UD. Lancar Abadi, sudah mengantongi kontrak untuk penyerapan gabah sesuai izin prinsip penggunaan gudang filial dari kantor Perum Bulog Pusat Nomor F- 1612 tanggal 7 April 2022.

    Adapun untuk  PT. Putra Indonesia, Perum Bulog Kanwil NTB sudah memberi teguran agar PI segera menyelesaikan kewajiban giling gabah sesuai yg telah diperjanjikan hingga bisa segera melakukan penyerapan gabah.

    Semoga kegiatan simulasi pembelian harga gabah yang dilaksanakan oleh Tim Terpadu berjalan dengan baik dan lancar serta tercatat sebagai amal ibadah bagi kita semua di bulan yang mulia ini. (ADV)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini