• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    KKP RI Dan HMS Selenggarakan Bimtek Mutu dan Nilai Tambah Produk Di Dompu

    Satonda
    Rabu, 27 April 2022, April 27, 2022 WIB Last Updated 2022-04-27T02:20:59Z


    Dompu, Satondapost.com  - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) mutu dan nilai tambah produk perikanan di gedung Serba Guna Desa Lasi, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Selasa (26/4/2022).

    Acara yang dibuka langsung oleh Anggota Komisi IV DPR RI H. Muhammad Syafrudin (HMS), ST, MM, ini dihadiri Direktur Pengolahan dan Bina Mutu KKP, Dr. Trisna Ningsih, A.Pi, MSi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Amiruddin, S. Hut, Camat Kilo Dra. Nurnaimah dan Kades Se-Kecamatan Kilo.


    Dalam sambutan pembukaannya, anggota DPR RI Fraksi PAN ini menjelaskan bahwa kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi pelaku kegiatan pengolah dan pemasar hasil perikanan di Kecamatan Kilo. Yaitu tentang mutu dan nilai tambah produk perikanan menjadi salah satu perhatian serius bagi kami untuk membantu kesejahteraan kelompok nelayan dan masyarakat pesisir di masa pandemi Covid-19 ini," jelasnya.

    Menurut HMS, kegiatan ini digelar di seluruh wilayah pesisir dan perkampungan nelayan Indonesia. Namun, dirinya memilih di Pulau Sumbawa lebih khususnya Kecamatan Kilo. Alasannya, saya melihat masa depan dan harapan yang lebih ada di Kecamatan Kilo dengan potensi dan kekayaan lautnya," tuturnya Anggota DPR R.

    Lanjutnya HMS politisi PAN ini menuturkan, dengan kegiatan ini diharapkan mampu memberi pengetahuan baru dan terciptanya produk olahan perikanan yang bermutu juga berdaya saing.

    Harapannya HMS semoga kegiatan Bimtek ini bermanfaat bagi para peserta yang terlibat, sehingga terwujudnya kesejahteraan ekonomi dan adanya produk unggulan bagi kelompok nelayan Kilo dan umumnya Kabupaten Dompu," harapnya.


    Sementara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Dompu, Amiruddin S. Hut, mengucapkan terima kasih banyak dan selamat  datang kepada HMS yang selalu tampil energik dan sangat luar biasa berkeliling Dompu yang telah membantu sektor pertanian dan perikanan.

    Kadis Diskanlut Dompu mengatakan disadari atau tidak bahwa kegiatan ini sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Dompu saat ini yakni mewujudkan JARAPASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) menuju Dompu Mashur.

    "Melalui Bimtek ini dengan mengolah produk perikanan yang siap dan aman dikonsumsi, sekaligus mencetak SDM yang unggul dan berdaya saing untuk menambahkan kesejahteraan keluarga nelayan," ujarnya.

    Kegiatan ini, lanjut pria yang banyak dikenal Rudi Mbojo ini menuturkan, melalui Bimtek ini diyakini bisa mempercepat proses peningkatkan SDM bidang perikanan yang menjadi andalan dan tumpuan hidup masyarakat pesisir Bumi 'Nggahi Rawi Pahu' ini.

    "Kami berharap melalui pelatihan Bimtek ini bisa bermanfaat bagi para peserta ke depan untuk menambah ilmu dan wawasan terkait pengolahan produk perikanan,” tutupnya.

    Sebagai salah satu peserta, Ketua Poklahsar Nanga To'i, Juhniar mengucapkan terima kasih atas upaya dan kerja keras HMS untuk meningkatkan mutu dan  nilai tambah produk perikanan.

    "Jujur saja, ini baru pertama kali kami diberikan bimbingan tentang pengolahan & hasil produk perikanan. Oleh karenanya, kami ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada H. Muhammad Syafrudin," ucapnya.

    Hal yang sama pun disampaikan, Iksan, peserta lainnya. Ia berharap, kedepannya kegiatan-kegiatan ini terus digelar dan dijadwalkan secara rutin. “Kami bangga mendapatkan ilmu dan pendampingam untuk menambah wawasan peserta dan kelompok perikanan. Sekali lagi, terima kasih kepada HMS sebagai perwakilan kami di pusat bersama KKP,” pungkasnya. (Bondan)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini