• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Bimtek Holtikultura Oleh Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian RI Di Kabupaten Dompu

    Satonda
    Sabtu, 23 April 2022, April 23, 2022 WIB Last Updated 2022-04-23T04:53:05Z

    Dompu, Satondapost.com - Dalam rangka meningkatkan kapasitas petani/pelaku usaha hortikultura untuk menunjang keberhasilan pengembangan kampung hortikultura di Kabupaten Dompu. Anggota Komisi IV DPR-RI Fraksi Partai PAN Dapil I NTB (Pulau Sumbawa) H. Muhammad Syafruddin,ST., MM bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian RI dan Dinas Pertanian Kabupaten Dompu menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Pelaku usaha Hortikultura Kabupaten Dompu.

    Dimana acara Bimtek turut mengundang sebagai narasumber dari Koordinator standardisasi mutu Hotman Fajar Simanjuntak, ST, M.M., dan Sub Bidang Mutu Dr, Dina M. Susilawati, S. Si., M. Si., Serta dari Perguruan Tinggi Mataram, dengan Topik " Peningkatan Kapasitas Petani/Pelaku Usaha Hortikultura". Dan narasumber Sub Sub Bidang Mutu dengan Topik " Penerapan GHP Hortikultura penanganan pasca panen bawang merah di Provinsi NTB. 
    Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 April 2022 yang dipusatkan di Laberka Food Garden, Kelurahan Bali Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Provinsi NTB, yang diikuti oleh para petani/pelaku usaha hortikultura sebanyak 90 orang.
    Kadis Pertanian dan Perkebunan (Distambun) Kabupaten Dompu Muhammad Syahroni, SP., MM. Mengucapkan Selamat datang kepada Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian RI dan Bapak Dosen dari Universitas Mataram. Dan mengucapkan sangat berapriasiasi dan terima kasih kepercayaan Kabupaten Dompu sebagai tempat penyelenggaraan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani Pelaku Usaha Hortikultura.

    "Bisa dilihat dari budidaya hortikultura di Kabupaten Dompu sampai saat masih terbatas karena di kabupaten Dompu didominasi oleh petani Jagung, adalah pengembangan kawasan hortikultura yang bertujuan untuk membuat kawasan terkonsentrasi dan berskala ekonomi."

    Kepala Dinas berharap kementrian Petani dan dana aspirasi untuk membantu petani hortikultura di Kabupaten Dompu supaya petani Hortikultura supaya dapat berkembang lebih baik lagi. Dan berharap kepada peserta dapat mengikuti bimbingan teknis ini dengan baik. semua materi yang disampaikan oleh pemateri sehingga transfer ilmunya dapat diterapkan dilapangan, harapannya Kadis Pertanian.
    Koordinator Standardisasi Mutu Kementan RI., Hotman Fajar Simanjuntak, ST, M.M menjelaskan bahwa arah kebijakan pembangunan Hortikultura, meningkatkan daya saing hortikultura melalui peningkatan mutu budidaya produksi, produktivitas, akses pasar, logistik didukung sistem pertanian rama lingkungan. 

    Pemerintah mendorong  peningkatan nilai tambah produk untuk kesejahteraan petani. Ada 3 strategi yaitu 1. pengembangan kampung Hortikultura., 2. Penumbuhan UMKM., 3. Digitalisasi Hortikultura. Jelasnya Hotman Fajar Simanjuntak ST, M.M (Bondan)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini