• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Bupati Dompu Kader Jaelani Resmi Membuka MTQ Ke XXIX Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2022

    Satonda
    Jumat, 21 Januari 2022, Januari 21, 2022 WIB Last Updated 2022-01-20T17:20:07Z
    Dompu, Satondapost.com - Penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke XXIX Tingkat Kabupaten Dompu pada Tahun 2022, di selenggarakan di Lapangan Beringin Dompu. Pada hari kamis tanggal 20 Januari 2022 Pukul 21.21 wita.

    Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXIX Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2022 dengan Tema Semangat Musabaqoh Tilawatil Qur' an ke - XXIX Tingkat kabupaten Dompu Kita Bina Islamiyah Dalam Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menuju Masyarakat yang Mashur, Mandiri, Sejahtera dan Religius.
    kegiatan di buka langsung oleh Bupati Dompu dan dihadiri oleh wakil Bupati Dompu, unsur forkopimda, tokoh agama, tokoh Masyarakat serta masyarakat Dompu umumnya sekitar 2000 orang.

    Turut Hadir dalam kegiatan pembukaan MTQ antara lain Bupati Dompu Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT, Dandim 1614/Dompu diwakili oleh Danramil 01 kapten Inf M. Yamin, Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, SIK, Ketua DPRD Kab. Dompu. Andi Bahtiar, A. Md. Par, Kajari Dompu,  Mei Abeto Harahap, SH. MH, Ketua Pengadilan Dompu Subai, S.H, M.H, Sekda kab. Dompu Gatot Gunawan PP,  SKM, M.kes, Ketua Pengadilan Agama Dompu, Staf ahli Bupati, Asisten lingkup Setda kab. Dompu, Kepala kantor kementrian agama Dompu, Pimpinan OPD se- Kab. Dompu, Ketua TP PKK dan Ketua GOW Kab. Dompu, Ketua Organisasi Wanita Se Kab. Dompu, Kepala Bagian Lingkup setda Dompu, Pimpinan cabang BRI Dompu, Pimpinan cabang Bank NTB, Camat se kab. Dompu, Kades se kab. Dompu, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Masyarakat kab. Dompu. Serta turut Hadiri oleh tiga Qori Internasional antara lain yaitu H. Darwin Hasibuan, S. Pdi, dari Medan., H. Salman Amrillah, S. Pdi dari Bandung., Syamsuri firdaus,S. Pdi dari Bima.

    Sebelum acara dibuka diawali penampilan kasidah dan dilanjutkan dengan pembacaan kalam illahi oleh Qori internasional Ust Samsuri Firdaus,S. Pdi, setelah itu menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya dan dilanjutkan lagu mars MTQ.

    Laporan ketua panitia MTQ Ke XXIX Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2022 oleh H. Burhan, SH yang intinya

    Bahwa tujuan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke- XXIX Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2022 adalah untuk mencari Q ori dan Qoriah terbaik untuk menjadi Duta Duta dalam rangka mengikuti musabaqah Tilawatil Qur'an tingkat Provinsi NTB bulan maret di kabupaten Lombok Timur.

    Sesuai dengan surat keputusan Bupati Dompu Nomor 450 / 01 /2022 tanggal 3 Januari tahun 2022 tentang pembentukan panitia penyelenggaraan Tahun 2022 surat Tilawatil Quran provinsi Nusa Tenggara Barat nomor 45 1.15/10/data tahun 2021 tanggal 7 Mei tahun 2001dengan semangat musabaqah Tilawatil Quran ke- XXIX tingkat Kabupaten Dompu kita bina ukhuwah islamiyah dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa menuju masyarakat yang Mashur mandiri sejahtera dan religius waktu dan tempat pelaksanaan tanggal pada tanggal 20 - 26 Januari tahun 2022 yaitu bertempat di lapangan beringin Kantor Bupati Dompu sebagai arena utama, Masjid Agung Baiturrahman dan gedung PKK.

    Sambutan Bupati Dompu Kader Jaelani Bahwa suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi kita semua pemerintah Daerah dan masyarakat bumi nggahi rawi Pahu kita semua dapat melaksanakan musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Dompu dan momentum ini tentunya menjadi awal yang baik bagi pemerintah daerah serta segenap elemen masyarakat untuk memelihara serta menumbuhkan kecintaan dalam membaca mempelajari memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran dalam berbagai aktivitas kehidupan sesuai peran dan fungsi kita masing-masing untuk memilih qori dan Qoriah terbaik yang akan mengharumkan nama Kabupaten Dompu pada event yang lebih tinggi.

    "Di tengah kemunduran nilai-nilai sosial kemasyarakatan dengan berbagai persoalan yang dihadapi generasi muda kita seperti munculnya kenakalan remaja diantaranya adanya perilaku pemanahan liar penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang perkelahian dan bentuk kenakalan lainnya."

    "Dengan kegiatan MTQ ini diharapkan dapat mewujudkan generasi muda akhlak mulia dan mampu menjadi generasi menginspirasi hadirnya banyak kebaikan dalam kehidupan ini remaja yang memiliki kepahaman yang baik dan benar tentang isi dan kandungan Al-quran sebagai pedoman atau acuan dalam berperilaku dan dapat berkontribusi bagi kemajuan serta perubahan daerah-daerah yang jauh lebih baik kedepannya."

    Berikutnya "MTQ merupakan kegiatan yang sudah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat kita senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam upaya masyarakat dan rekaman juga mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam membangun nilai-nilai spiritualitas masyarakat di tengah berbagai cobaan dan tantangan kehidupan yang akan datang silih berganti gerah saat ini dan kedepannya,"

    Bupati Dompu Kader Jaelani mengajak selama pelaksanaan MTQ nantinya akan mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan kesejukan batin bagi masyarakat, selain dari pada itu kegiatan MTQ juga dapat menjadi forum silaturahim yang bernilai positif dalam memperkuat dan memperkokoh rasa persaudaraan dalam ikatan dan Islamiyyah disadari bahwa penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan memotivasi masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Alquran ini menjadi tolak ukur dinamika pembinaan seni membaca Al-quran khususnya di daerah Kabupaten Dompu.

    "Al-Qur'an sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji nilai-nilai ajaran Alquran sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuh kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun informal termasuk diantaranya melalui musabaqah Tilawatil Quran ke-29 tahun ini yang diselenggarakan secara berjenjang tingkat internasional."

    Diakhir sambutannya Bapak Bupati Dompu membuka acara MTQ Tingkat kabupaten Dompu secara resmi. Dilanjutkan penampilan tiga Haflah Al Qur an oleh Qori Internasional secara bergantian, Ust  H. Darwin Hasibuan, S. Pdi dari Medan, Ust H. Salman Amrillah, S. Pdi dari Bandung, Ust H. Syamsuri firdaus,S. Pdi dari Bima.

    Dimana seluruh rangkaian kegiatan pembukaan MTQ  selesai dilaksanakan dalam keadaan aman dan lancar. (Bondan)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini