• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Danrem 162/WB Hadiri Peresmian Kantor Media Center Penerangan Korem

    Satonda
    Jumat, 22 Oktober 2021, Oktober 22, 2021 WIB Last Updated 2021-10-22T03:53:31Z
    Mataram, Satondapost.com - Danrem 162/WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani, Kadis Kominfotik/Ketua DPP IARMI NTB Dr. Najamuddin Amy, S. Sos., MM., bersama Kabid Humas Polda NTB menghadiri Peresmian dan Syukuran Kantor Media Center Penerangan Korem 162/WB dan Pertimbangan Komando & Staf Korem 162/Wira Bhakti, di Kantor Media Center Penerangan Korem 162/WB - Jln. Pejanggik No.12 A Mataram

    Dalam kesempatan tersebut Danrem memperkenalkan Dr Najam sebagai Ketua DPP IARMI NTB yang baru saja dilantik dan disaksikan langsung oleh Gubernur NTB dan Danrem NTB saat itu. Rabu, 20 Oktober 2021

    Menwa adalah anak kandung TNI, era sekarang sedang digodok terkait lahirnya Pasukan Cadnas, Resimen Mahasiswa yang memang secara hirarkis Diklat terkait dengan Bela Negara mulai dari Diklatsarmil, Suskalak dan Suskapin serta di tambah lagi dengan SUSDIK Kompetensi lainnya sebagai wahana untuk mematangkan tugas dan fungsi dalam Pertahanan Rakyat Semesta, Menwa sudah sangat siap. 

    Resimen Mahasiswa pertama kali dibentuk oleh Jendral Besar A.H. Nasution (alm). Tanggal 13 Juni – 14 September 1959 diadakan wajib latih bagi para mahasiswa di Jawa Barat. Mahasiswa yang memperoleh latihan ini siap mempertahankan home-front dan bila perlu ikut memanggul senapan ke medan laga. Mahasiswa – mahasiswa walawa (WAJIB LATIH MAHASISWA) dididik di Kodam VI Siliwangi dan para walawa diberi hak menggenakan lambing Siliwangi.

    Pada tanggal 19 Desember 1961 di Jogyakarta, Komando Pimpinan Besar Revolusi Presiden RI Bung Karno mencetuskan Trikora. Seluruh rakyat meyambut komando ini dengan gagap gempita dengan semangat revolusi untuk merebut Irian Barat; termasuk juga mahasiswanya.

    Isi Trikora, Pantjangkan Sangsaka Merah Putih di Irian Barat Gagalkan Negara Boneka di Papua Adakan Mobilisasi Umum

    Sejak Trikora bergema maka kewaspadaan nasional makin diperkuat, maki memuncak sehingga timbul rencana pendidikan perwira cadangan di Perguruan Tinggi. Berdasarkan dua surat keputusan Pangdam VI Siliwangi , maka oleh pihak Universitas pada 20 Januari 1962 dibentuk suatu badan koordinasi yang diberi nama Badan Persiapan Pembentukan Resimen Serba Guna Mahasiswa Dam VI Siliwangi (disingkat BPP) Resimen Mahasiswa DAM VI Siliwangi, berdasarkan:

    drg. R. G. Surya Sumanti (Rektor UNPAD) selaku Koordinator Isrin Nurdin (Pembantu Rektor ITB) selaku wakil Koordinator Ikusdaminto (PR Unpar) selaku wakil Koordinator IIMoch. Sunaman dari PUS PSYAD pada waktu itu selaku sekretaris

    Pada Februari 1962 diadakan Refreshinng Course selama sepuluh minggu di Resimen Induk Infantri dan dilanjutkan dengan latihan selama 14 hari yang dikenal dengan sebutan Latihan Pasopati. Pada 20 Mei 1962 anggota Resimen Mahasiswa angkatan 1959 dilantik oleh Pangdam VI/SLW menjadi bagian organik dari kodam VI/SLW. 

    Dalam rencana kerja empat tahunnya tercantum pembentukan kader inti dan ini sudah sejak permulaan semester 2 tahun ajaran 1962 – 1963 termasuk pembentukan kader inti putri. Mahasiswa/I Jabar(Bandung khususnya) mengikuti Latihan di Bihbul, tempat penggodokan prajurit – prajurit TNI (sekarang Secaba Dam III/Slw, Bihbul).

    Satuan – satuan inti dari Yon mahasiswa dari beberapa Universitas dan akademi dikirim ke tempat ini di bawah asuhan pelatih – pelatih dari RINSIL. 12 Juni 1964 keluarlah Surat Keputusan Mentri Koordinator Komponen Pertahanan Keamanan DR. A. H. Nasution Jendral TNI yang mengesahkan Duaja Resimen Mahawarman.

    Penyerahan Duaja dilakukan oleh Menko sendiri. Garuda Mahawarman resmi berdiri berdampingan dengan Harimau Siliwagi. 19 Januari 1978 dikeluarkan lagi SKB3 menteri tentang juklak pembinaan organisasi Resimen Mahasiswa. Bersama Keputusan bersama tiga Menteri Menha, Mendiknas, dan Mendagri dam Otda No: KB/14M/X/2000, No:6/U/KB/2000, dan No:39 A tahun 2000 tanggal 11 Oktober 2000 tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa. 

    "Resimen Mahasiswa  Mahadipa satuan 939 UMP berdiri pada tanggal 5 Oktober 1985 di bawah Komandan Hari Kuswarno."

    Semboyan Resimen Mahasiswa Indonesia adalah “Widya Castrena Dharmasiddha”, berasal dari Bahasa sansekerta yang berarti “Penyempurnaan Pengabdian Dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan”. 

    Yang dimaksudkan oleh Ilmu Pengetahuan adalah segala macam cabang keilmuan yang didapat saat menjadi mahasiswa. Hal ini dipergunakan untuk menempuh jenjang karier, dengan tidak melupakan tujuan utama melakukan pengabdian pada masyarakat. Sedangkan Ilmu Keprajuritan adalah yang bersangkutan denngan jiwa keperwiraan, kekesatriaan serta kepemimpinan, bukan sekedar kehalian dalam bertempur atau pun yang sejenis.

    Bapak DANREM langsung perintahkan Kasiter Kolonel Budi agar TL Pola Pembinaan Menwa masuk Program 2022 Korem 162/WB dan diawali dengan Apel Besar Alumni Menwa,  Menwa Aktif di Sangkareang bersama AL AU dan Polri. (Red.SP)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini