• Jelajahi

    Copyright © Satonda post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Bupati Dan Wakil Bupati Dompu Hadiri Peringatan Nuzulul Qur'an 1442 H

    Satonda
    Jumat, 30 April 2021, April 30, 2021 WIB Last Updated 2021-04-30T01:13:12Z
    DOMPU, Satondapost.com - Setiap kali kita akan melaksanakan ibadah puasa pada bulan suci ramadhan, maka kita juga akan memperingati Nuzulul Qur'an, karena dibulan ramadhan inilah Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT. 

    Hal dimaksud disampaikan Bupati Kader Jaelani dihadapan para jamaah saat peringatan Nuzulul Qur'an berlangsung di Masjid Baiturahman, Kamis Malam, 19.30 Wita. 
    "Peringatan Nuzulul Qur'an menjadi momen renungan, sudah sejauhmana perintah Allah SWT terlaksana dengan baik. Kita maih punya harapan yang lebih baik, untuk menjadikan Al-Qur'an sebagai tuntunan dalam berbagai aspek kehidupan, ucap Bupati."

    Selanjutnya Bupati menandaskan, bila nilai-nilai moral dalam Al-Qur'an diimplementasikan dengan baik, dipastikan akan memberikan kebarokahan bagi masyarakat dan daerah. Memperkuat esensi ini, Bupati menyampaikan Firman Allah dalam Al-Qur'an Surat Al-A'raf Ayat 96, yang artinya "Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi". 

    Dengan esensi dimaksud, Bupati mengajak seluruh jamaah guna meraih barokah dari Allah SWT. "mari meraih berkah dari Allah SWT dengan cara-cara yang diridhoi dan mengkiuti petunjuk yang dicontohkan Rasulullah SAW, serta dengan mengikuti aturan dan norma hukum yang berlaku, sehingga rezeki yang didapatkan adalah rezeki yang dirahmati", jelasnya.

    Dalam upaya meraih rahmat Allah SWT, ungkap Bupat, "kami telah menghimbau seluruh aparatur pemerintah khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang beragama islam, ketika tiba waktu sholat fardhu, dalam waktu 5 atau 10 menit sebelum sholat dimulai agar aktivitas rutinnya dalam melayani masyarakat, dapat dihentikan sementara waktu, guna menunaikan sholat berjama'ah di masjid, mushola atau langgar terdekat dengan tempat kerjanya, yang kemudian apabila sudah memenuhi kewajibannya agar kembali bekerja sebagaimana biasanya". 

    Ditambahkannya, "kondisi dimaksud hendaknya juga diikuti dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat yang beragama islam, agar dapat melakukan hal yang sama untuk menunaikan sholat berjamaah. 

    "Hal dimaksud semata-mata dilakukan untuk mengundang rahmat dan kebarokahan dari Allah SWT", imbuhnya.

    Dalam kesempatan ini, Bupati juga mengingatkan para jamaah untuk terus mentaati protokoler kesehatan Covid-19. "Mematuhi dan mentaati prokes Covid-19, kata Bupati masih menjadi upaya yang mumpuni untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19", ucap Bupati.

    Selanjutnya kepada para jama'ah, Bupati mengenalkan program Dompu Berjasa (Jum'at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat). Dengan program ini Bupati mengajak warga Kabupaten Dompu membiasakan diri untuk hidup bersih dan sehat.

    Diakhir sambutan bupati mengingatkan warga masyarakat untuk menyempurnakan ibadah puasanya dengan menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah. Menurut Bupati, Zakat dapat membersihkan diri dan harta juga sebagai bentuk tanggungjawab sosial dalam meringankan beban saudara yang masih dalam kekurangan.

    Dikesempatan yang sama, Ustad Muhammad Fadil Abdulah Ba'gil (Ustadz Fadil) yang menjadi oenceramah dalam peringatan Nuzul Quran ini, banyak mengupas tentang hikmah membaca, mengajarkan dan mengamalkan Al-Quran. Kata Ustadz Fadil, "kelak dihari akhirat, Al-Quran akan memberikan safa'at". "Mari kita senantiasa membaca, menyampaikan dan mengamalkan alquran", ajak Ustadz Fadil diakhir ceramahnya.
    Kegiatan Nuzulul Qur'an 1442 Hijriah diakhiri dengan pemberian bonus oleh Bupati dan Wakil Bupati Dompu, kepada duta Dompu yang juara diajang lomba STQ Ke-26 Tingkat Provinsi NTB beberapa waktu lalu di Kota Mataram. Reward dimaksud juga diberikan kepada para official dan pelatih yang ikut menghantar Dompu menjadi juara III. (BF84)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini